Minggu, 01 Juli 2012

Berakar pada Budaya


1.      
            Identitas utama yang dapat diamati dari kehidupan manusia adalah budaya yang dimiliki dan dihidupi oleh manusia itu sendiri. Budaya menjadi nilai yang dapat diamati oleh karena nilainya yang berbeda dari kebudayaan lain pada umumnya. Tanpa lebih jauh menjurus kepada identitas kepribadian, budaya merupakan sebuah cara berpikir dan juga berperilaku terhadap diri sendiri,orang lain, lingkungan dan juga relasi dengan Ilahi (Tuhan). Budaya dengannya dapat juga diringkaskan sebagai sebuah kekhasan yang menghadirkan sebuah suasana yang berbeda di antara setiap manusia atau sekelompok manusia tertentu.
            Kekhasan semacam ini tidak hadir sebagai sebuah reaksi instrumental terhadap gejala-gejala tertentu saja. Mengapa demikian?? Budaya adalah hasil dari sebuah proses panjang dalam usaha manusia untuk menemukan identitas diri secara bersama dan juga untuk menunjang sebuah keteraturan hidup. Usahanya tidak sekali jadi. Proses evolusi senantiasa terjadi selama pencarian identiitas kebudayaan sekelompok manusia. Budaya lahir dari usaha untuk mempertahankan hidup, dengan rujukan utama terhadap diri sendiri, sesama, lingkungannya dan juga Tuhan-nya.
            Menyikapi proses panjang dan juga hakikat kelahiran sebuah kebudayaan ini, maka nilai setiap kebudayaan adalah otonom di dalam dirinya sendiri. Ia tidak dapat begitu saja dengan mudah dikaitkan atau bahkan dicampuradukkan dengan nilai budaya yang lain. Hal utama yang hendaknya dilakukan adalah mempertahankan keutamaan kebudayaan yang telah dihidupi. Budaya hendaknya senantiasa mempertahankan dinamika evolusi yang telah melahirkannya sambil tetap menjaga hakikat nilai kehidupan yang telah dikandung dalam sebuah kebudayaan. Tanggung jawab keberlangsungan kebudayaan ada di dalam jiwa setiap insan yang hidup di dalam iklim kehidupan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar